6 tips marketing sederhana yang mudah buat dipraktekin

Pebisnis Muda- Marketing memang nggak mudah, tapi penting banget buat kesuksesan bisnismu. Kenapa? Tanpa marketing yang efektif, produk / layananmu nggak bakal dikenal customer, yang bakal langsung berimbas ke omzet bisnismu. Berikut ini adalah tips marketing sederhana yang bisa kamu praktekin ke bisnismu.


1. Jangan selalu ngandelin cara lama

cara lama

Cuman karena caramu udah dipakai dan berhasil selama puluhan tahun, bukan berarti cara itu masih cocok dipake buat hari ini. Malahan, selalu make cara lama bisa bikin bisnismu gagal buat adaptasi dan berkembang. Analisa dan evaluasi cara lama mu, tentuin apa cara itu masih cocok dipake atau nggak, kalau memang nggak, jangan maksain buat pake cara lama mu.

2. Gandain cara yang berhasil

gandain cara yang berhasil

Orang marketing pasti punya tolak ukur buat ngukur kesuksesan usahanya. Marketer hebat bukan diukur dari sekeras apa dia kerja, tapi dari hasil kerjanya. Di jaman result-oriented macam sekarang, hal terbaik yang bisa kamu lakuin adalah gandain strategi dan cara yang udah terbukti berhasil, buat dapat hasil yang lebih baik, dan buang aja strategi yang nggak berhasil.

3. Time boxing

time boxing

Ngatur waktu itu sulit. Tapi ada trik sederhana yang bisa bantu kamu, namanya time boxing. Apa kamu memang harus habisin 2 jam sehari buat ngawasin dan ngerespon di sosmed? Internet nggak bakal hilang. Makanya kamu harus batasin waktu buat tiap aktifitas marketingmu. Contohnya : Luangin waktu 30 menit per hari khusus buat ngurus sosmed. Time boxing bakal paksa kamu buat gunain waktu lebih efisien dan bantu kamu buat jadi lebih produktif.

Postingan Terkait
1 dari 17

4. Kurangi waktu buat urusan administrasi

administrasi

Ikut meeting atau buat laporan adalah hal yang paling buang buang waktu. Jangan biarin hal hal itu ngabisin waktu produktifmu, Kurangin meeting, pake software buat laporan marketing supaya kamu bisa ngurangin waktu yang kamu buang buat tugas tugas administratif.

5. Jangan Multitasking

multitasking

Nyoba buat juggling terlalu banyak bola malah bakal jatuhin bola-bola mu. Hal sama juga berlaku buat marketing. Ngelakuin terlalu banyak hal sekaligus bisa ngerusak fokus. Kasih batas seberapa banyak project marketing yang kamu kerjain sekaligus, ini bakal ngelatih fokusmu dan maksa kamu nyelesaikan kerjaan yang sekarang sebelum ngerjain yang lain.

6. Pakai data buat ngambil keputusan

pakai data

Data itu penting, makanya kamu harus buat keputusan pake data. Kamu bisa pake survei sederhana dan kumpulin datanya. Pake data hasil survei mu untuk buat keputusan soal prioritas marketingmu ke depannya.

1 Komentar
  1. istia budi mengatakan

    wah bermanfaat sekali..

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.