5 langkah buat nemuin mentor bisnis yang tepat

Pebisnis Muda-  Mentor adalah orang yang sudah punya pengalaman bisnis yang cukup banyak buat bantu kamu ngelatih skill bisnismu, ngasih masukan buat hadapin tantangan bisnismu, dan bantu kamu buat networking. Sebesar apapun bisnismu , punya mentor berguna banget buat perkembangan bisnismu. Terus, gimana cara buat nemuin mentor bisnis yang tepat? Berikut ini 5 langkah sederhana buat nemuin mentor bisnis yang tepat :


1. Tentukan apa yang kamu mau

tentukan kemauanmu

Kuncinya kamu harus tahu peranan apa yang bakal dimainkan mentormu nanti. Kalau kamu sudah mengatur goal dan ekspektasi dari awal, kamu bakal lebih mudah menemukan mentor yang tepat dan membangun hubungan yang bisa membantu buat mencapai goal bisnismu.

2. Networking

networking

Untuk nemuin mentor yang tepat, kamu juga harus perluas jaringan sosialmu, banyak banyak kenalan sama orang baru, karena bisa jadi calon mentormu bukan orang yang sudah kamu kenal. Kamu bisa mulai dari ligkungan keluargamu, lingkugan sekolah / kampusmu,  komunitas, atau mungkin kenalan dari temanmu.

3. Buat jadwal pertemuan

buat schedule

Kalau sudah ketemu calon mentor yang tepat, kamu harus atur pertemuan sama calon mentormu, pastikan kamu nentuin tanggal dan jam yang jelas dan jangan sampai telat, pilih tempat yang nyaman buat kalian berdua, dan perjelas kesepakatan mentoring nya.

Postingan Terkait
1 dari 15

4. Ikutin bimbingan mentor

bimbingan mentor

Kalau memang sudah cocok, Kamu harus berkomitmen buat ngikutin bimbingan mentormu. Kamu harus tentukan jadwal meeting rutin dan topik diskusi yang jelas, dan jangan lupa buat mengevaluasi goal yang udah kamu tetapkan. Gimana cara evaluasinya? Kamu bisa ngatur jadwal pertemuan sama mentormu (seperti poin yang diatas)  dan gunakan kesempatan itu buat evaluasi goalmu.

5. Kerjakan!

kerjakan

Seperti jenis hubungan lainnya mentoring juga harus menguntungkan kedua pihak yang terlibat. Pastikan semua hal jelas dari awal, pastikan hubunganmu dengan mentormu tetap solid, jangan terlalu banyak memakan waktu mentormu, pimpin diskusi saat meeting, dan selalu laporkan progressmu ke mentormu, dan  jangan lupa buat kerjain tugas dari mentormu! Karena inti mentoring bukan cuman diskusi, tapi learning by doing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.