Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg (Zuck) Co-Founder & CEO Facebook, sukses ngebangun sosmed terbesar di dunia. Di usia yang masih muda, dia bisa ngebangun hal yang nggak bisa dibuat kebanyakan orang. Gimana cara dia buat ngelakuin Hal sebesar itu? Berikut ini adalah pelajaran tentang leadership yang bisa kita ambil dari Mark Zuckerberg.


 

1. Passion

Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Para pebisnis sukses punya satu kesamaan: Mereka passionate dengan apa yang mereka kerjakan.

Zuck selalu passionate buat membangun sistem yang bisa menghubungkan semua orang di dunia. Mission Statement Facebook masih sama dari awal dibangun:

“Misi Facebook adalah memberikan orang-orang kemampuan untuk berbagi dan membuat dunia Lebih terbuka dan lebih terhubung.”

Zuck memang passionate soal menggunakan teknologi buat menghubungkan semua orang, tapi jangan lupa, dia juga butuh kerja keras buat capai hal itu. Passion lah yang buat kita tetap bertahan, karena passion ngasih Kita kekuatan buat menghadapi kesulitan.

Pebisnis yang passionate bakal nganggap kegagalan sebagai pelajaran, sebagai batu loncatan buat maju. Kalau kamu berbisnis pakai passion, kamu nggak bakal nyerah, sesulit apapun prosesnya, dan kamu bakal terus belajar hal baru di sepanjang perjalanan bisnismu.

Passion menghasilkan tekad yang kuat, dan tekad kuat merupakan salah satu kunci kesuksesan.

 

2. Purpose (Tujuan)

Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Perusahaan hebat punya purpose jelas yang jadi landasan di tiap hal yang mereka lakukan. Mulai dari rekrut karyawan, nyari investor yang cocok, sampai ke kegiatan marketing dan customer service mereka.

Purpose menimbulkan Sense of Belonging, atau rasa kepemilikan, yang bisa meningkatkan loyalitas customer dan karyawan. Leader hebat (dan bisnis hebat) buat gerakan, bukan cuma produk.

Facebook bukan sekedar sosmed, tapi jalan buat selalu terhubung dengan semua orang, tempat buat nyatukan semua orang dan bangun komunitas, dan juga alat buat berbagi informasi.

Postingan Terkait
1 dari 9
Dengan selalu ngingat purposenya, Zuck bisa fokus buat ciptain produk terbaik untuk mencapai purposenya.

 

3. Orang

Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Perusahaan yang paling inovatif biasanya ngasih kebebasan karyawan mereka buat ngembangin skill mereka dan buat ngambil resiko.

Facebook cuma milih calon karyawan yang cocok dengan kultur perusahaan, di mana karyawan diizinkan buat ngerjain project yang sesuai sama minat mereka. Rekrut orang-orang yang tepat, rekrut orang karena attitudenya, bukan skillnya.

Skill bisa dilatih, tapi passion nggak bisa dilatih.

 

4. Produk

Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Facebook selalu berkomitmen buat nyiptain produk terbaik. Setiap inovasi selalu bawa mereka selangkah lebih dekat ke goal mereka: menghubungkan orang dengan cara sesederhana mungkin. Ketika Zuck ngenalkan Facebook sebagai platform, banyak orang yang nganggap dia gila. Tapi ekspansi Facebook menjadi platform lah yang bikin Facebook jadi sebesar sekarang.

Terus berpegang teguh sama visimu, ciptain produk yang jadi perwujudan visimu, dan ciptain kultur perusahaan yang bisa bantu kamu wujudkan visimu dengan cara seefektif mungkin.

 

5. Partner

Bagaimana cara memimpin seperti Mark Zuckerberg

Nggak ada pemimpin yang bisa kelola perusahaan sendirian, sukses itu kerja tim. Pemimpin hebat tau apa kelebihan dan kekurangan mereka, dan berpartner dengan orang yang tepat buat nutupin kekurangan mereka.

Dalam kasus Facebook, Zuck yang punya visi, sementara Sheryl Sandberg, COO Facebook yang mengeksekusi visi Zuck. Mereka punya value yang sama, kelebihan yang saling melengkapi, kepercayaan dan respect buat terus memajukan perusahaan.

Hubungan yang pas antara “visi” dan “eksekusi” adalah kunci dari kesuksesan bisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.