kisah tob ittipat, salah satu pebisnis terkaya di thailand

Pebisnis Muda- Pebisnismuda di indonesia keterlaluan banget kalau gak kenal sama Pebisnis sukses yang satu ini, karna Tob bahkan kisahnya udah dijadiin film dan ga sedikit Pebisnis Muda yang kena pengaruh dari Tob karna keren banget emang dari mantan pecandu game jadi orang yang bener-bener fokus banget di bisnisnya , dan akhirnya bisa ngebanggain keluarganya dan pastinya ngebantu orang tuanya buat utang yang ga sedikit jumlahnya buat anak muda.

Nah sebelum kita jauh pembahasannya kesana kemari, nih pelajarin dulu Profil singkatnya Tob :

  • Nama Lengkap    : Itthipat Kulapongvanich
  • Nama Panggilan : Tob Itthipat
  • Bisnis   : Tao Kae Noi
  • TTL      : Bangkok, Thailand , 24 November 1984

Candu game online !

Kayak kebanyakan anak muda jaman sekarang, dia juga sempat ngelewatin fase dimana Top gila banget ama Game online dia candu gak candu biasa tapi dia bener-bener pake banget candunya.

Karna game Juga dia udah bener-bener gak hirauin sekolahnya, tapi ada baiknya juga loh guys apa itu? disitu tob belajar soal BISNIS dan mulai ngenal sama dunia JUALAN.

Namanya proses belajar orang beda-beda dan bener. Di kasus Tob ini dia belajar jualan dari GAME dia jualan SENJATA, #anjay kayaknya ganas banget hehe tapi senjata yang ada di GAME kok gak senjata beneran.

Dan gak sedikit loh penghasilan dia waktu itu, tembus 1 juta baht alias setara sama 200 jutaan. Dan kebayang gak sih anak sma pegang uang 200 jutaan?, Apa yang kalian bayangin guys? Yuhu se ngehe-ngehe nya anak sma karna baru aja sekali ngerasa punya uang banyak dia beli mobil sendiri coba anjeer bet kan? wkwkw.

Gak cuman Mobil dia juga beli PS 2 yang waktu itu lagi nge HYPE banget, karna bisnisnya terus ngasilin uang dia makin boros dan belanja banyak hal yang sebenernya gak perlu-perlu banget.

Karna bisnisnya yang jelas-jelas ilegal finally udah ketebak lah ya akhirnya dia “kena” rekening online nya di BLOKIR Karna ketauan ngelakuin JUALAN senjata yang di game itu HARAM buat dilakuin.

Tob berubah

Udah kena sial rekening onlinenya di blok, nambah lagi sialnya karna orang tuanya waktu itu lagi seret-seretnya karna lagi kena UTANG yang nggak sedikit, tapi karna ortu Tob super baik mereka berdua masi mikirin masa depan anaknya walau keadaan udah bener-bener nyekik leher mereka.

Tob masi dijamin biaya buat kuliah, dan orang tuanya kasi amanah buat dia biar harus tetep kuliah walau keluarga mereka lagi bangkrut, dan itu parah loh bangkrutnya maksudnya karna ayahnya bisnisnya bangkrut kepaksa orang tuanya nge gadain rumah yang mereka tinggalin selama di thailand, yang udah jadi tempat tob tumbuh besar.

Dan lagi karna tob super malas di sekolah, dia nyaris mustahil masuk universitas negri, tob udah nyaris pasti harus masuk swasta dan masuklah dia kuliah menuhin kemauan keluarganya.

Mulai lagi

Karna sekarang udah ada sense of “kepepet” nya, kepaksa deh tob harus bener-bener jadi pebisnis yang sukses karna gak ada jalan lain kalau dia mau bayar utang keluarganya, kecuali bisnis yakali utang dibayar pake utang kan gak mungkin.

Mulailah Tob bisnis lagi kali ini dia pengen jualan, DVD tapi gebleknya Tob dia kena tipu karna emang kurang teliti ngecek kualitas-kualitas barang yang dia stok karna emang semua barangnya itu barang aspal, kualitas tempe alias cacad banget, nyaris ga layak jual dan sedihnya uangnya yang udah kelanjur dia invest jadi DVD ga bisa dibalikin.

Habis bangkrut dari usahanya yang ini Tob berusaha buat dapetin pinjeman dari bank, apesnya namanya juga waktu itu status Tob cuman lulusan sma dan ditambah lagi fakta utang orang tuanya yang tembus 40.000.000 baht atau sekarang senilai 17 milyar, kebayang kan makin stressnya dia?

Tapi walau keadaan serasa makin nyekik Tob, dia justru makin gila buat usaha keluar dari masalah yang lagi dia alamin berawal dari jalan-jalan ke pameran mesin makanan gak sengaja dia nyoba kacang goreng yang dibuat pake mesin penggorengan yang udah sepaket ama boothnya.

Singkat cerita tob langsung liat peluang bisnis disitu dan di eksekusi langsung dia nego buat sewa boothnya 10.000 baht perbulan dan akhirnya berhasil,pas udah dapet booth sekarang PR tob ya buat mastiin kacangnya layak buat di jual alias enak rasanya pasti, bareng pamannya dia berusaha buat ngeriset cara yang cocok buat ngehidangin kacangnya dan akhirnya.. berhasil dan buka lah booth nya di mall yang udah jadi incaran tob.

Walau udah enak, dan uda mulai buka gak jaminan kalau banyak orang yang beli karna kenyataannya diawal – awal buka kacangnya tob gak laku, bener-bener gak ada yang mau beli nah pasti Tob gak diam aja dia cari cara gimana caranya biar boothnya rame akhirnya dia survey ke pedagang-pedagang yang emang udah biasa dagang pake cara tradisional dan dia bener-bener cari tau faktor apa yang buat orang mau beli sesuatu.

Nah salah satu yang Tob pelajarin terutama bisnis offline, dia harus bener-bener utamain LOKASI karna emang lokasi ngebantu banget buat dagang terutama dagang Offline. setelah paham soal posisi Tob bekeras pengen buka cabang lagi tapi dia pengen bener-bener di depan Mall.

Nah pas pindah ke depan Mall itu Tob dapet ujian lagi, pengurus mall marah-marah soalnya tob ngebuat atap mall sampe kotor karna asapnya sialnya gara-gara itu kontraknya Tob dibatalin sepihak sama Mall dan terpaksa Tob harus tutup dan pastinya gak bisa jualan lagi di mall itu.

Postingan Terkait
1 dari 11

Rumput laut, produk yang ngerubah hidup Tob

Di titik habis bangkrut dan kepaksa berenti dari jualan kacang ini bener-bener salah satu titik terendah hidup Tob, tapi memang kalau orang yang serius usaha buat ngelakuin hal yang baik bakal selalu ada jalan, Pas Tob gagal dia dapet inspirasi pas jalan sama pacarnya dan tau fakta kalau di daerahnya gak ada rumput laut yang dijadiin snack dan pastinya bisa awet lebih dari seminggu.

Karna awalnya dia mesan dulu rumput laut dari luar kota gak taunya sampe di kotanya udah basi, pergi deh Tob ke Profesor di bidang makan dan akhirnya dapat solusi kalau dia mau lebih awet makanannya harus dikasi vakum yang ada nitrogennya.

Nah kelar masalah satu bukannya udahan, Tob masi punya masalah lain, gimana caranya buat snack rumput laut yang enak? Karna Tob sama pamannya sampe ngabisin 100.000 baht yang waktu itu setara ama 28.000.000. juta rupiah buat nguji coba produknya biar gak gosong dan enak dimakan.

Dan pas udah siap dijualpun produknya belum bisa dia jual laris, walau banyak dapet masalah dan tekanan dia belajari strategi penjualan. Bahkan dia gak malu buat nanya langsung ke banyak pedagang-pedagang, Tob dapet insight pas dia belanja di Sevel (7 eleven). Buat yang belum pernah ke thailand Mas Fin kasi tau yak di Thailand sevel udah kayak indomaret tiap berapa meter sekali ada sevel gak salah kalau inspirasi itu yang nantinya bakal bantu Tob banget buat bayar utang ortunya.

Eitt gak langsung main masuk aja ke sevel walau itu strategi yang tjakep, FYI aja kalau aslinya mah Tob udah pernah belajar strategi itu secara gak langsung karna dia di daftarin sekolah bisnis yang ngajarin ilmu itu karna emang ayahnya gak sanggup buat biayain dia buat kuliah formal.

Tapi emang dianya yang geblek bin grusa grusu dia lebih suka maju dan jalan aja dulu ketimbang cari dan pelajarin dulu strategi yang tepat, btw setelah dia dapat insight soal masukin produknya ke sevel akhirnya dia berusaha keras banget buat lakuin itu dan ternyata buat masukin produk ke store sekelas sevel gak mudah banyak standar yang harus Tob kejar buat masuk ke dunia retail.

Mulai dari packaging yang wajib eye catching, sampe standar operasional produksi dan kondisi pabrik yang oke wajib ada make utang sana-sini dan make segala hartanya yang masi ada Tob akhirnya bisa menuhin standar yang dikasi sevel, dan akhirnya masuklah “Tao Kae Noi” ke sevel dan sekarang udah ada nyaris di seluruh dunia termasuk negara kita indonesia.

Dan dalam waktu 2 tahun setelah Tao Kae Noi masuk sevel, di umurnya yang masi 26 tahun waktu itu dia berhasil Ambil alih rumahnya lagi, bayar semua utang Ayahnya dan pas 2017 kemaren kekayaan Tob udah tembus : $610 M versi Forbes.com

sebelum kita bahas apa aja yang bisa kita pelajarin dari Tob, pengen tau gak siapa Pebisnis indonesia yang dapet inspirasi dari Tob? yups : Reza Nurhilman (presiden Maicih) , dan temen kita Gazan Azka (Founder&Ceo Zanana) yang keren dari mereka berdua mereka gak cuman dapat inspirasi doang, mereka ACTION sampe bisa bangun bisnis mereka ampe bisa kaya sekarang.

Yang bisa kita pelajarin dari Tob?

Kuy bahas apa aja yang bisa kita pelajarin dari Tob?

Kerja Keras : Tob Alergi buat nyerah, buat dia nyerah itu bener-bener konyol, karna kenyataannya posisi Tob bener-bener gak boleh buat nyerah kalau aja ya Tob nyerah waktu dia tau Ayahnya punya utang sebanyak itu pasti sampe sekarang Tob masih kerja sama orang lain dan nyicil perlahan utang Ayahnya dan gak akan pernah punya bisnis sekeren Tao Kae Noi kaya sekarang.

Self Learner : Ingat cerita diatas? Aslinya mah dia udah di kasih Fasilitas sama ortunya buat kursus bisnis, dan strategi yang bawa dia sukses itu ada di program kursusnya, tapi karna Tob lebih suka coba dulu dan cuman belajar IN CASE alias kalau butuh banget aja, itu yang buat dia gak terlalu banyak mikirin strategi ini itu sebelum mulai buat bisnis dan akhirnya emang itu yang ngebantu dia.

Sabar : Sabar pakek banget, kebayang aja udah bangkrut berkali kali, keluarga kepaksa ninggalin dia ke china, dan dia juga btw putus sama cewenya tapi tetep aja dia bisa sabar dan tetep bisa ngadepin semua masalah yang datang di hidupnya, dan menurut Mas Fin ini penting banget buat semua Pebisnis Muda.

Sadar soal PROSES, dan mau ngejalaninnya : kebanyakan anak muda nggak sadar kalau sukses butuh proses, walaupun mereka sadar kalau semua orang sukses itu butuh proses gak semua yang mau ngelewatin prosesnya, mereka cuman mau jadi sukses tanpa harus capek-capek lewatin proses.


Nah itu tadi cerita sukses Tob Itthipat yang udah banyak ngasih Inspirasi ke banyak anak muda di seluruh dunia terutama indonesia, atau malah sekarang kalian yang dapet Inspirasi dari Tob ? Mas Fin cuman mau ingatin abis baca dan pelajarin cerita ini jangan lupa ambil kertas selembar dan buat Action plan dan jalanin Proses kalian karna Mas Fin percaya someday giliran kisah sukses kalian yang bakal di tulis di website kita ini.

3 Komentar
  1. Joko mengatakan

    Luar biasa Top ittipat idola saya 😀🙏

  2. Niswatul Hasannah mengatakan

    Saya selalu ke trigger setelah nnton dan baca cerita suksesnya top ittipat, ke trigger semangat 😄

  3. Sandi mengatakan

    Gregetan…. Sangat terinspirasi dalam semangatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.