Kisah sukses yasa singgih, founder dan ceo men’s republic

Pebisnis Muda- Tiap Pebisnis muda di indonesia keterlaluan banget kalau gak kenal sama Yasa Singgih, Yasa udah jadi inspirasi banyak anak muda indonesia buat jadi pebisnis muda yang berhasil sukses di bisnisnya, kalau misalnya kalian belum kenal, ok deh mas fin kenalin, Yasa paramita singgih ini Founder & CEO dari Men’s Republic brand indonesia yang ngawalin fokus mereka dari sepatu buat para Gentlemen terutama anak muda, tapi sekarang juga udah ada sandal, tas, dompet, bahkan ikat pinggang juga uda ada.

Ini nih sedikit biodata Yasa :

  • Nama Lengkap : Yasa Paramita Singgih
  • Tempat Lahir    : Bekasi, Jawa Barat
  • Tanggal Lahir   : 23 April 1995
  • Umur : 22

Never too young to become a billioniare

Yasa Singgih Men's Republic founder

Tipping Point Hidup Yasa

Yasa yang lahir dari keluarga yang sederhana, gak pernah punya cita-cita jadi pengusaha soalnya ortunya kerja jadi karyawan kantoran kayak kebanyakan orang dunia, yang dulu ada di kepalanya lulus sekolah, kelar kuliah, kerja, terus jadi Manager di Kantor yang bonafit dan bisa ngasi rasa AMAN tentunya.

Tapi pas Yasa masi kelas 3 smp, ayahnya yang bener-bener dia sayang sempat masuk rumah sakit karna kena serangan jantung dan nyumbat 4 pembuluh darahnya, akhirnya keluarga mereka mutusin buat operasi ring, tapi akhirnya ayahnya nolak karna lebih ngutamain buat biaya-biaya sekolah anak-anaknya. Nah ini jadi salah satu Tipping point (titik balik) hidup Yasa singgih yang masi belum sanggup bantu apa-apa ke keluarganya tapi jelas dia pengen banget kasi bantuan ke ayahnya waktu itu.

Akhirnya dia mutusin cari duit sendiri apapun caranya asalkan halal dan gak kriminal, salah satunya dia kerja part time di EO temennya dan jadi MC, ngebawain acara musik, ulang tahun, lomba, talk show, sampe seminar.

Mulai bisnis dari nol, dan ngalamin jatuh bangun juga

Pas umur 15 tahun apa yang kalian lakuin guys? kalau Bro Yasa sendiri dia waktu itu udah mulai rintis bisnisnya dan udah mulai jadi pebisnis muda, dia ngejual lampu hias ONLINE, uda jualan dong… tapi akhirnya sukses bangkrut soalnya suplayernya Yasa gak bisa ngasi supply barang lagi dan akhirnya Yasa kebingungan buat nemuin suplayer yang tepat buat ngelanjutin bisnis lampunya ini.

Pas di umur 16 tahun Yasa mulai sadar dan nyoba bisnis FASHION yang sekarang udah ngerubah hidupnya, lewat temen ortunya yang punya temen baik yang punya bisnis konveksi akhirnya yasa nyobain deh jualan kaos.

Ada sedikit cerita lucu diawal dia mulai bisnis fashion ini, karna uda bangkrut sebelumnya Yasa agak frustasi dan secara gak sengaja beli dan pelajarin buku tulisan om Jaya Setiabudi “The Power Of Kepepet”.

Di buku itu di ajarin kalau pengen sukses, kita harus ciptain keadaan KEPEPET dan nanti kita bakal lebih termotivasi buat MULAI karna diawal kita uda pepetin diri kita.

Nah di bisnis fashion kali ini, Yasa bener-bener praktekin ilmunya gak kaya kebanyakan anak muda yang sekedar baca doang tapi dia praktek juga, ke tukang konveksinya dia bilang pengen buat kaos “Oke yas, designnya?” dia nge jawab “Belum ada, besok gw dp dulu 500 rb.. kalau dalam 2 minggu belom ada design, DP nya buat lo”.

Sengaja banget dia buat ngorbanin DP nya biar muncul sense of “KEPEPET” nya. Karna udah kepepet, Yasa cari akal dan pergi deh dia ke Gramed terdekat, finally dia mutusin beli buku “3 Hari Jago Adobe”.

7 hari fokus belajar Adobe, boro-boro bisa design malah makin pusing Yasa ga bisa sama sekali, malah waktu udah makin mepet, karna uda terlalu mepet dia mutusin ide GILA apa itu? design kaos pake Microsoft Word.

Yap aplikasi nulis di buat design baju, out of the box sih hehe tapi ga gitu juga tapi ya gitu kerennya Yasa dia mepetin dirinya dan akhirnya design kaos itu tadi bisa dipaksain di produksi dan jadi loh kaosnya 2 lusin.

Di situ yasa mikir pas design kaos Bung Karno “Orang Indonesia ini ratusan juta, masa 24 orang aja gak ada yang beli!?”. Pas uda jadi kaosnya luar biasanya Yasa jualan 1 bulan cuman laku 2 kaos, itupun yang beli nyokapnya karna kasian, dan kaosnya dikasi ke satpam komplek hehehe.

Lucunya abis kejadian itu Yasa malah makin NEKAT, kalau kalian baca artikel ini dan mikir dia malah makin kendor kalian salah besar guys, setelah gagal ngelarisin Bisnis kaos Sukarno pertamanya ini dia pergi ke pasar tanah abang dan nge borong baju ampe “4 JUTA” gak peduli apapun itu BRAND Nya, gak peduli gimana nanti Marketingnya, pokoknya mulai dulu aja, barang kudu ABIS dulu! Dan kali ini Yasa ngebuktiin ke kita semua kalau kita gak akan pernah tau seberapa KUAT diri kita sampe kita cuman punya 1 pilihan, dia berhasil NUTUP semua modal dalam waktu 1 bulan.

Sempat mulai usaha kuliner, bahkan sempet punya 2 cabang tapi akhirnya dia BANGKRUT lagi bahkan kali ini gak sedikit RUGI sampe 100 juta loh. Tapi namanya juga Pebisnis Muda yang keren, bukan Yasa namanya kalau dia nyerah gitu aja.

Postingan Terkait
1 dari 12

Men’s Republic

Belajar dari kegagalan yang kemaren udah dia lewatin, Yasa mulai BISNIS yang ini lebih terkonsep dan matang, kelar UN dia mulai lagi bisnisnya pake KONSEP yang lebih cakep dan rapi.

Fokus Yasa di Men’s Republic ke kelas menengah dan ngasi Sepatu yang kasi harga di bawah 500 K tapi kualitas tinggi, mulai lah dia make nama “Men’s Republic”.

Awalnya yasa cuman ngejual sepatu casual, tapi setelah makin berkembang Yasa ngejual produk yang lebih lengkap dari celana dalam, jaket, sandal, tas selempang, sampe pendeng alias ikat pinggang yang pastinya khusus gentlemen.

Sekarang kurang lebih Yasa berhasil ngejual rata-rata 500-an pcs sepatu per bulan, gak punya pabrik sendiri Yasa berhasil nembus omzet ratusan juta, gokil.. keren banget untuk anak seumuran dia.

Sekarang Customer Yasa gak cuman di kota-kota besar di Indonesia tapi di luar negeri juga udah ada kayak di Hongkong, Makau, Taiwan, Malaysia, Filipina, bahkan Nigeria.

Dan di umur 19 tahun di ngediriin PT. PARAMITA SINGGIH buat jadi rumah bisnisnya. Dia pengen jadiin Men’s Republic brand yang nyediain semua kebutuhan para gentlemen dari kepala sampe ke kaki.

Visi Yasa di PT nya ini ngebuat perusahaannya jadi pemilik brand Fashion & consumer goods yang fokus di Online Terbanyak, terbesar dan terbaik di Indonesia.

Never too young to become a Billionaire

Nah di 2015 dari pengalamannya yang dia udah dapat di bisnisnya dia ngebuat buku buat dipelajarin semua anak muda yang pengen jadi Pebisnis Muda pastinya, di buku ini dia nyeritaiin tentang perjalanan hidupnya, strategi dan nilai BISNIS yang nge jadiin Yasa Pebisnis Muda yang sukses di Indonesia.

Yasa nyeritain kalau anak muda mah keuntungannya bisa “coba-coba” dan menurut Yasa anak muda mah WAJIB buat coba-coba, semua orang gak akan pernah tau apa yang dia suka kalau gak pernah nyoba dan takut buat gagal.

Setelah buku ini di rilis, mulai deh dia makin di undang buat jadi Pembicara dari kampus biasa sampe ke kampus-kampus terbaik di Indonesia, juga di undang ke instansi negara dan perusahaan nasional sampe Multinasional.

Penghargaan yang didapat

Yasa juga udah dapetin beberapa penghargaan, gak cuman dari indonesia bahkan dari luar negeri juga karna semua yang emang udah Yasa lakuin di Bisnisnya dan ngasi inspirasi ke semua Pebisnis Muda Indonesia.

Yasa berhasil menangin Wirausaha Muda Mandiri Nasional kategori Mahasiswa kreatif di tahun 2015. Tokoh Nyata Film Dokumenter Pemimpin Pemuda Bisnis dari KEMENPORA di 2015 , dan yang paling bikin Mas Fin bangga sama Yasa dia berhasil menangin Forbes 30 under 30 Leaders & Entrepreneurs in Asia versi Forbes di tahun lalu, 2017.

Keren banget kan? Nah itu tadi cerita sukses Yasa Singgih, Pebisnis Muda yang ngasi banyak pelajaran ke kita dan buat kamu yang mau pelajarin cerita suksesnya lebih lengkap bisa ke Gramed terdekat #noendorsment ya cuman serius Worth banget buat dipelajarin kisah suksesnya.

Yasa secara gak langsung ngajarin kita, kalau jadi Pebisnis Muda kita gak cuman harus WAJIB mau belajar aja tapi juga harus mau TETEP TEGAR jalanin proses jatuh bangun bisnisnya karna bisnis yang sukses, juga harus lewatin PROSES.


Sekarang mungkin kalian baca dan pelajarin kisah sukses dari Yasa, tapi Mas Fin percaya suatu saat orang lain yang bakal baca cerita sukses kalian itu pasti cuman pertanyaannya, kalian mau MULAI wujudinnya apa nggak?

4 Komentar
  1. Iwan mengatakan

    Makasih buat inpirasinya, mas fin

    1. Mas Fin mengatakan

      sipp ;))

  2. Rafdi fadhlillah mengatakan

    Membakar 🔥🔥🔥

  3. Muhammad Faiq mengatakan

    Membara, perjalan hidup dizona tidak nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.