7 Kebiasaan para pebisnis gagal yang harus kamu hindari

Pebisnis Muda – Orang gagal dalam bisnis bukan cuma karena kurang modal atau kurang ide doang, tapi juga karena kebiasaan buruk mereka sendiri. Habit merupakan hal fundamental dalam berbisnis, kalau habitmu jelek, kemungkinan besar juga bisnismu nggak bakal sukses. Berikut ini adalah 7 kebiasaan para pebisnis gagal yang harus kamu hindari


1. Banyak omong tapi nggak action

banyak omong

Banyak pebisnis, terutama yang baru mau mulai, punya kebiasaan unik. Mereka biasanya punya ide-ide hebat dan ngabisin sebagian besar waktunya buat diskusikan ide bisnisnya. Mereka kadang lupa kalau yang paling penting itu eksekusi, bukan omong doang.

2. Suka nunda

suka nunda

 

Walaupun kamu punya bisnis plan yang pas, kamu nggak akan kemana-mana kalau kamu nggak mau kerja keras. Supaya bisnismu bisa terus berkembang, kamu harus buat progress tiap harinya. Nunda-nuda kerjaan bakal bikin progress perkembangan bisnismu melambat dan besar peluang kalau bisnismu bakal ketinggalan dan kalah saing sama kompetitor.

3. Manajemen yang buruk

manajemen yang buruk

Manajemen bisnis yang baik juga diperlukan buat kesuksesan bisnis. Contohnya ngatur jadwal kerja tim mu, kalau ngaturnya nggak pas, semua goal-goal bisnismu nggak bakal bisa dicapai tepat waktu. Manajemen yang pas itu penting banget buat kelancaran operasional bisnismu.

4. Kurang konsisten

kurang konsisten

Sebagian pebisnis terlalu cepat nyerah. Bisnis baru kadang butuh tahunan buat berkembang dan hasilnya nggak bakal kelihatan di enam bulan pertama. Kalau kamu nggak konsisten dan nyerah terlalu cepat, berarti kamu nggak ngasih kesempatan bisnismu buat berkembang.

5. Suka berbohong

suka bohong

Menjanjikan produk yang nggak masuk akal mungkin bisa ningkatin penjualanmu, tapi bisa ngerugikan bisnis atau brand mu. Jangan bohongin customer supaya mereka beli produkmu. Karena kalau mereka ngerasa tertipu dan kecewa, efeknya bisa ngerusak ngerusak bisnis atau brandmu. Jangan nyari keuntungan jangka pendek dengan ngorbanin reputasi bisnis atau brandmu.

6. Arogan

arogan

Pebisnis yang arogan biasanya bukan team player, mereka ngerasa tahu semua hal dan bisa ngerjain semua hal. Mereka nggak butuh advice, bantuan, atau mentor. Pebisnis yang arogan nggak bakal bertahan lama, mereka bakal kewalahan, buat banyak keputusan salah atau buat business plan yang nggak tepat.

7. Nggak realistis

nggak realistis

Para  pebisnis sukses biasanya sudah familiar sama pasar, industri, customer ideal, kelebihan produknya, dan juga regulasi pemerintah.  Nah, kebanyakan pebisnis gagal itu nggak realistis, bahkan delusional. Mereka nggak mau riset pasar sebelum buat business plan, padahal riset pasar itu penting.  Hasilnya, mereka malah buang-buang uang, waktu, dan energi buat nyiptain produk atau jasa yang nggak dibtuhkan siapapun.

 

2 Komentar
  1. Farizki Ar Rasyid mengatakan

    Caranya riset pasar gimana gan?? Makasih 🙂

    1. Zen mengatakan

      Bisa baca Tips Riset Pasar Sederhana disini https://www.pebisnismuda.net/4-tips-riset-pasar-sederhana/

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.