5 Ilmu leadership yang bisa kita ambil dari kesuksesan amazon

Saat didirikan di tahun 1994, Amazon cuma toko buku online. Sekarang, Amazon udah berkembang pesat, bukan lagi sekedar toko buku online. Amazon udah menjelma jadi perusahaan retail online terbesar di dunia. Perusahaan sekelas Amazon pun banyak buat kesalahan selama berbisnis, seperti mengakuisisi perusahaan yang salah, kehilangan karyawan penting, dan buat project-project gagal. Karena itu, banyak hal yang bisa kita pelajari dari perusahaan yang satu ini. Berikut ini adalah ilmu leadership yang bisa kita ambil dari kesuksesan Amazon :


1. Kasih karyawanmu kebebasan

Amazon ngasih kebebasan buat karyawannya. Kebebasan bikin karyawan ngerasa punya kontrol ke project yang mereka kerjakan. Hal ini juga yang narik banyak orang hebat buat kerja di Amazon. Walaupun itu artinya mempertaruhkan nasib perusahaan di tangan karyawan, tapi kebebasan juga bisa memotivasi karyawan buat kerja sebaik mungkin. Kalau nggak dikekang, mereka bakal berani ambil resiko buat nyoba ide baru yang mungkin aja bisa buat bisnismu berkembang lebih cepat.

 

2. Utamakan customer

Amazon selalu ngutamakan customer, mereka selalu berusaha buat ngasih user / customer pengalaman terbaik. Hal ini juga yang memudahkan mereka dalam mengambil keputusan. Karena customer lebih mereka prioritaskan dibanding profit, mereka nggak akan buat keputusan yang merugikan customer demi menaikkan profit. Strategi ini lah yang bisa bawa Amazon sampai sesukses sekarang.

 

Postingan Terkait

3. Kasih karyawan visi yang besar

Visi Amazon adalah jadi store yang jual apa aja, supaya orang dari berbagai belahan dunia bisa nemukan apa aja yang mereka cari di satu tempat. Dan juga mereka mau customer bisa dapat produk yang termurah saat belanja di Amazon. Ini adalah visi utama Amazon, dan semua karyawan Amazon paham soal visi itu. Efeknya, orang-orang tau apa yang harus dikerjakan buat wujudkan visi perusahaan. Karena dari awal mereka udah tau apa visi perusahaan.

 

4. Rekrut orang-orang terbaik

Tim manajemen Amazon adalah orang-orang terbaik, dan mereka cuma rekrut orang-orang terbaik buat ngisi posisi vital di amazon. Karena itu juga Amazon berani ngasih kebebasan ke karyawannya, karena perusahaan tau kalau mereka adalah orang-orang terbaik yang bisa ngasih solusi brilian buat ngembangin perusahaan.

 

5. Sabar

Jeff Bezos sudah punya visi buat Amazon dari awal Amazon didirikan. Dan visinya terwujud satu demi satu seiring dengan pekembangan perusahaan. Orang nggak berubah secepat perubahan teknologi, jadi kesabaran juga penting. Butuh waktu buat ngubah kebiasaan customer, karena kebanyakan orang nggak ngerasa nyaman buat nyoba hal baru atau pakai cara baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.