5 Hal yang harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis

Pebisnis Muda- Banyak orang bermimpi buat jadi pebisnis sukses, walaupun kenyataannya cuma sedikit dari mereka yang sukses. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi orang saat membangun bisnis. Sangat penting buat seorang pebisnis buat ngambil keputusan yang tepat. Karena satu kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal buat bisnis. Penting juga buat seorang pebisnis untuk paham kalau urusan pribadinya nggak boleh dicampur adukkan dengan urusan bisnisnya. Supaya bisa jadi pebisnis sukses, seorang pebisnis harus punya motivasi tinggi, fokus yang kuat, dan mau bekerja keras buat membangun bisnisnya.

Jadi pebisnis memang nggak mudah, banyak tantangan dan hambatan yang harus kamu hadapi dalam perjalanan binismu, banyak juga hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum mulai bangun bisnis. Apa aja hal-hal itu? Berikut ini adalah 5 hal yang harus kamu ketahui sebelum membangun bisnis

 


1. Mengubah idemu jadi kenyataan

 

Nggak ada waktu yang “pas” buat menyusun ide bisnis. Ada orang yang bisa mengubah kelebihan atau keahlian mereka jadi peluang bisnis yang menguntungkan, sebagian orang ada yang membangun bisnis dari ide bisnis orang lain. Jadi, ide bisnis sebenarnya bisa datang dari mana aja. Darimana pun sumbernya, hal terpenting bagi seorang pebisnis adalah mengubah ide bisnis menjadi bisnis yang menguntungkan.

 

2. Kamu harus dinamis dalam berbisnis

Bisnis semakin lama semakin kompetitif. Supaya bisa bertahan, seorang pebisnis harus dinamis dan bisa beradaptasi mengikuti perubahan. Bisnis yang stagnan bakal meredup dan peluang suksesnya berkurang. Seorang pebisnis harus selalu update soal pasar, kompetitor, dan customer supaya bisa terus ngasih produk atau layanan terbaik. Meramal perubahan pasar untuk menemukan peluang baru juga adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia bisnis.

 

3. Mulai dari kecil

Kerja keras dan komitmen berperan penting dalam kesuksesan bisnis. Sudah banyak bisnis kecil yang bisa sukses jadi perusahaan besar, misalnya Apple yang dulunya dimulai di garasi. Kalau memungkinkan modali sendiri bisnismu, mulai dari kecil dulu. Jangan cari pendanaan dari orang lain kecuali bisnismu sudah bisa ngasih timbal balik ke mereka.

 

Postingan Terkait
1 dari 8

4. Utamakan kebutuhan customer

Dalam dunia bisnis, pembeli adalah raja. Karena mereka lah orang yang nantinya bakal membeli produk atau jasamu. Membuat produk atau jasa yang diinginkan customer bakal memaksimalkan pemasukan bisnismu (yang pastinya penting buat pertumbuhan bisnismu). Hal penting lainnya setelah penjualan adalah menjaga hubungan baik antara bisnismu dengan customermu, untuk meningkatkan loyalitas mereka dan memperbesar peluang buat dapat repeat order .

 

5. Jangan cuma ngejar uang

Tujuan utama bisnis didirikan pasti buat menghasilkan uang. Tapi ada hal lain yang lebih penting dari uang: kepercayaan customer. Jangan sampai kamu menghalalkan segala cara buat menghasilkan uang. Kalau customermu sampai kecewa, dijamin kamu bakal kehilangan kepercayaan mereka. Kalau kepercayaan mereka sudah hilang, kemungkinan besar mereka bakal pindah ke kompetitormu. Hal ini pastinya nggak bagus buat bisnismu. Semakin banyak banyak customer yang kecewa, makin kecil peluang repeat order. Makin dikit repeat order, makin dikit juga pemasukan bisnismu.


Peluang sukses dalam berbisnis memang kecil, malahan, 90 % bisnis gagal dalam lima tahun pertama. Jadi, sebelum kamu memutuskan buat bangun bisnismu sendiri, perhatikan hal-hal diatas, supaya bisnismu nggak termasuk 90% bisnis yang gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email mu tidak di publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.